Rabu, 03 April 2013

Cara Membuat Susu Milo


Cara Membuat Susu Milo

            Untuk membuat susu Milo, kita perlu menyiapkan satu sachet(bungkus) susu Milo. Jika tidak ada bisa digantikan dengan empat sendok makan bubuk susu Milo. Berikutnya siapkan sendok makan, gelas, es(sesuai keinginan), misis, susu kental manis rasa vanilla atau cokelat, air kurang lebih 200 ml untuk dimasak, dan juga air kurang lebih 50 ml yang tidak dimasak. Lalu siapkan juga panci, piring dan kompor.
            Cara membuat susu Milo adalah ketika memasak air, masukkan bubuk Milo ke dalam gelas. Setelah air mendidih, tambahkan sedikit air yang belum dimasak ke dalam panci lalu tuang sedikit air (campuran air panas dengan air dingin) ke dalam gelas dan aduk merata. Setelah diaduk, tambahkan lagi air ke dalam gelas, jangan sampai penuh. Kita dapat langsung meminumnya dalam keadaan hangat, atau dalam keadaan dingin dengan cara menambahkan es.
            Untuk menyajikannya kita dapat menggunakan gelas yang terdapat ukiran-ukiran yang cantik, dimana dibawahnya terdapat piring yang sudah kita hias dengan susu kental manis vanilla atau coklat. Cara menghias piring adalah dengan menaruh gelas di tengah-tengah piring. Letakkan sendok disebelah kiri gelas dan hias sebelah kanan gelas dengan susu kental manis. Atau bisa juga dengan menggunakan misis dan bubuk susu Milo tambahan. Taburkan misis atau susu Milo tambahan ke dalam gelas dan biarkan mengapung.
            Beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Susu Milo adalah untuk tidak menggunakan air yang baru mendidih langsung ke dalam Milo karena dapat menyebabkan protein yang terdapat dalam Milo menggumpal, dan jika menggunakan gelas kaca, ketika air mendidih dituang, gelas akan retak-retak atau bahkan pecah.
            Tips-tips dalam penyajian pun ada. Dalam menaburkan bubuk Milo tambahan ataupun meses biarkan meses dan bubuk Milo mengapung di atas permukaan air. Dalam penggunaan meses, pilihlah meses yang berwarna-warni agar meses menghiasi warna cokelat air susu Milo. Dalam penghiasan dengan susu kental manis, hiaslah dengan membuat hasil ‘tumpahan’ susu kental manis menjadi zig-zag. Lalu, jika ingin, menaburkan meses berwarna-warni dan membiarkannya menempel di atas susu kental manis.
            Jadi, begitulah cara membuat susu Milo. Jika masih susah memahaminya, saya sudah menyiapkan “Cara Membuat Susu Milo” dengan model recipe dan dengan gambar agar lebih mudah dimengerti. (Bersambung...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar